Pemahaman Tentang Sosio-Antropologi Perkotaan




Pemahaman Tentang Sosio-Antropologi Perkotaan

Antariksa

Kota adalah pusat kehidupan yang dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang pendekatan. Aspek tersebut memberikan gambaran bahwa kota menjadi tempat manusia atau masyaakat berperilaku mengisi aktifitas kehidupannya sehari-hari. Dengan berperilaku manusia dapat dilihat melalui teropong sosiologi maupun antropologinya, atau dapat juga dilihat dari aspek fisik perkotaan yang akan memberikan kontribusi pada perilaku sosio-antropologinya (manusia dan struktur sosialnya). Kata antropologi, diambil dari bahasa Yunani anthropos (“human”) dan logia (“study”), sedangkan antropologi adalah “the study of man” atau “the study of humankind”. Kemudian distribusi dari (urban anthropology) antropologi perkotaan jelas mendukung sosio-kultural antropologi, bagaimana pun, mereka mengakui bahwa arkeologi telah memberikan kontribusi signifikan pada studi peradaban dan sistem spasial perkotaan. Istilah antropologi perkotaan mulai digunakan pada tahun 1960-an. Dengan perubahan difokuskan pada “urban anthropology” melawan tradisi antropologi yang menekankan pada “primitif” dan masyarakat petani, mengasingkan tentang perkotaan, kelompok dan masyarakat industri (Basham 1978). Kemunculan dari antropologi perkotaan juga diakibatkan oleh Perang Dunia ke-II dan proses dekolonisasi. Dalam pandangan para pakar urban anthropology, ketertarikan pada kota telah membenarkan tuntutan akan tradisi antropologi yang menaruh perhatian pada keseluruhan dan bermacam budaya manusia serta masyarakat. Secara teoritis, antropologi perkotaan melibatkan studi dari sistem budaya kota baik hubungan dari kota terhadap tempat-tempat yang luas dan kecil, serta penduduk sebagai bagian dari sistem perkotaan (Kemper 1996).

Di Amerika antropologi di bagi menjadi empat bidang: 
- Sociocultural anthropology (sosiokultural antropologi), studi mengenai adat-istiadat dan masyarakat; - Archaeology (arkeologi), studi mengenai pra-sejarah manusia; 
- Linguistics (linguistik), studi mengenai bahasa; dan 
- Physical anthropology (antropologi fisik/ragawi), studi mengenai fisiologi manusia. Atau secara tradisional antropologi telah dibagi ke dalam: 

(1) cultural anthropology (antropologi budaya) yang terdiri dari beberapa sub-bidang: 
(a) antropologi sosial (social anthropology) atau etnologi (ethnology) berurusan dengan studi komparatif dari kebudayaan dan kemasyarakatan; 
(b) arkeologi (archeology) berurusan dengan rekonstruksi dari kehidupan manusia di masa lalu melalui analisa artifak dan benda peninggalan dari budaya yang punah; dan 
(c) anthropological linguistics (antropologi linguistik) merupakan studi bahasa sebagai cara kerja pertama dari komunikasi manusia. 

 (2) physical anthropology (antropologi fisik/ragawi) adalah bersangkutan dengan evolusi spesies manusia, dan karakter biologis dari populasi manusia yang lalu dan sekarang.

Perbedaan cara pandang sosiologi dan antropologi muncul pada human relations nya: Sosiologi, secara kontras tidak membicarakan orang tertentu dari kota akan tetapi lebih pada keterikatan hubungan personal dengan rural life. Cara pandang ini berkembang lebih awal dalam ilmu sosial dengan pemikiran evolusi sosial. Hal itu merupakan refleksi studi “Suicide” dari Emile Durkheim (1897), dengan konsep anomie atau state of normlessness. Anomie suicide merupakan karakter bagi mereka yang hidup terisolasi, dari dunia impersonal. 

Ferdinand Tönnies (1887), membuat jarak antara Gemeinschaft (community) dan Gesellschaft (society) konsep dasarnya, secara kontras untuk mendalami hubungan kontraktual pertalian karakter masyarakat kapitalis dan aktivitas bersama dari masyarakat feudal. 

Sedangkan Louis Wirth (1938) dalam “Urbanism as a way of life”, mengembangkan teori pengaruh dalam organisasi sosial dan perilakunya urban life. Louis Wirth, menyatakan bahwa urbanisme akan baik bila pendekatannya dilakukan dari tiga perspektif (cara pandang) yang saling berhubungan (inter-related): 
1. as a physical structure (struktur fisiknya); 
2. as a system of social organization (sistem dari organisasi sosialnya); dan 
3. as a set of attitudes and ideas and a “constellation of personalities” (tatanan perilaku dan gagasan serta “kumpulan dari kepribadian”). Antropologi, lebih pada pertalian keluarga dan kelompok yang similar terkait dengan urban setting. Kota-kota di Afrika Barat, kehidupan perkotaan hampir keseluruhannya diorganisasi oleh klan (marga) dan kesukuan. Hal itu juga terdapat di Indonesia, China, dan Taiwan.

Sosiologi perkotaan

Apa sosiologi itu? Sosiologi adalah studi empiris dari struktur sosial (kemasyarakatan). Struktur sosial tidak sekedar hanya individu dan perilaku individu. Struktur sosial termasuk di dalamnya kelompok, pola sosial, organisasi, instruksi sosial, keseluruhan masyarakat, dan tentu saja perkotaan. Atau lebih jelasnya ilmu sosiologi adalah yang mengkaji atau menganalisis segi-segi kehidupan manusia bermasyarakat dalam kawasan kota atau perkotaan. Karakter kota dan masyarakat: 

a. Kota mempunyai fungsi-fungsi khusus; 
b. Mata pencaharian penduduknya di luar agraris; 
c. Adanya spesialisasi pekerjaan warganya; 
d. Kepadatan penduduk; 
e. Ukuran jumlah penduduk; 
f. Warganya (relatif) mobility
g. Tempat permukiman yang tampak permanen; dan 
h. Sifat-sifat warganya yang heterogen, kompleks, social relations yang impersonal dan eksternal, dan lain sebagainya. 

Kemudian ilmu tersebut berkembang dan berkaitan dengan apa yang dinamakan urban sosiologi (sosiologi perkotaan). Urban sosiologi adalah merupakan sub-disiplin di dalam sosiologi difokuskan pada urban environment (lingkungan perkotaan). Menjelaskan beberapa topik-topik sebagai bagian dari perkembangan perkotaan, struktur perkotaan, jalan kehidupan dalam perkotaan, pemerintahan, dan permasalahan perkotaan. Karena penduduk yang tinggal di perkotaan akan dipengaruhi oleh kota. Untuk memahaminya kita harus mempelajari perkotaan. Berbagai permasalahan berhadapan masyarakat kita berhubungan pada lingkungan urban. Untuk memahami permasalahannya kita perlu mempelajari kota. Dengan belajar bagaimana kota-kota dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan natural kita dapat mengerti link antara nature dan struktur sosial.

Politik-ekonomi dari kota

Istilah dari “politik-ekonomi” menunjukkan adanya pengaruh dari kekuatan politik dan ekonomi dalam masyarakat. Kekuatan politik dan ekonomi nampak menjadi pendorong utama dari aktivitas perkotaan. Dalam perspektif spasial sosial, kota merupakan produk dari faktor-faktor ekonomi, politik, budaya, dan geografi. Namun dari sudut pandang sosiologi perkotaan sesungguhnya adalah merupakan area studi interdisipliner, artinya bahwa bidang lain dari sosiologi memberikan sumbangan besar pada pemahaman kita terhadap kota. Geografi, ilmu politik, ekonomi, sejarah, antropologi, dan psikologi keseluruhan studinya mengenai beberapa aspek dari lingkungan perkotaan dan memberikan sumbangan pada kita, yaitu pengetahuan tentang lingkungan perkotaan. 
Tentu saja di dalamnya terdapat ‘dependent variable’ bagaimana kekuatan-kekuatan eksternal, yaitu variabel yang independent mempengaruhi lingkungan perkotaan: - pengaruh dari segregasi rasial dari sistem ekonomi di dalam kota; - pengaruh dari batas-batas geografi (pegunungan) terhadap perkembangan kota; dan - pengaruh dari kejadian sejarah (peperangan) terhadap perkembangan kota. Sedangkan karakter dari lingkungan perkotaan harus memenuhi: - Luas, secara kultural merupakan kelompok masyarakat yang heterogin; - Bukan area pertanian di mana bahan mentah diproses dari pada produksi; -Sebagai pusat administrasi, menampilkan fungsi-fungsi administrasi yang substansial untuk masyarakat yang luas; dan - Tingkat populasinya tinggi.

Antropolgi perkotaan sebagai kelompok sosial

Dengan sendirinya antropologi perkotaan dikenal melalui sosiologi perkotaan terutama dalam perspektif istilah yang berbeda: studi-studi sosiologi lebih difokuskan dalam issue penggalan (fragmented), antropologi perkotaan secara teoritis sedikit mengarah pada pendekatan holistik (Ansari & Nas 1983:2). Hal-hal yang mendorong berkembangnya sosiologi adalah: 

(1) konfrontasi dengan perubahan sosial yang hebat; 
(2) munculnya masyarakat yang makin berdiferensiasi; dan 
(3) keinginan manusia untuk membuat perubahan sosial dan kemajuan yang diorganisasikan secara sistematis. 

Beberapa definisi mengenai sosiologi: “Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial” (WF. Ogburn & MF. Nimkoff). “Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kehidupan kelompok” (Roucek & Warren). “Sociology, the scientific study of human interaction” (James W. Vander Zanden 1979:626).

Dari tahun 1930-an sampai dengan 1950-an antropologi kebudayaan telah tumbuh dan lebih ditekankan pada studi masyarakat petani serta impaknya terhadap kota-kota dan kehidupannya (Redfield 1947). Perhatian yang lebih utama diberikan pada migrasi desa-kota, urban adaptation, etnik, dan kemiskinan (Lewis 1968; Hannerz 1969). Kemudian Fox (1977) mengidentifikasi lima perbedaan tipe dari kota, serta membahas hubungan kota dan masyarakat yang lebih luas terpancang di dalamnya. Akhirnya Basham (1978) menawarkan sebuah diskusi dari studi masyarakat perkotaan dan beberapa topik yang mempunyai hubungan.

Metodologi

Permasalahan yang paling utama pada antropologi perkotaan adalah aplikasi dua teknik pendekatan antropologi, yaitu partisipan-observasi dan holistik di dalam riset perkotaan. Teknik dari metode antropologi ditekankan pada suku (tribe) dan masyarakat perdesaan/petani di mana hal itu lebih terbuka dan memungkinkan untuk pengembangan hakekat hubungan personal setiap orang di masyarakat. Para pakar antropologi perkotaan diminta untuk memperluas pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan dengan memasukkan materi-materi tertulis, survei, studi kesejarahan, novels (ceritera-ceritera), dan sumber-sumber lainnya. 

Tantangan dari para pakar antropologi perkotaan adalah untuk menata keseluruhan sumber materi yang berbeda dan untuk mencoba realitas kelompok yang lebih luas tanpa mengorbankan penjelasan dengan mengkarakterisasi etnografi dan antropologi secara umum. Dalam skala yang luas tujuan dari studi-studi antropologi perkotaan didominasi: - studi komparasi dengan komunitas tunggal (comparative study with single community); - studi dengan multi-komunitas (multy-community studies); - survei wilayah (regional survey); - analisa tingakat nasional (national-level analyses); - studi komparasi tingkat nasional (comparative multy-national studies); dan - studi teori dan metodologi secara umum (general theoritical and methodological studies).

Pada skala kecil tujuan studi antropologi perkotaan fokus utamanya: mengenai individu-individu di dalam sejarah kehidupannya, spesifikasi pada konteks masyarakat (seperti, marketplaces, gangs, shopping centers), unit-unit tempat tinggal, dan tempat kerja. (Kemper 1991b) Menurut Fox (1977), ada perbedaan tradisi dalam penelitian antropologi perkotaan dengan mempertahankan kontinuitas dengan antropologi tradisional dan metode-metodenya yang tidak memfokuskan pada perkotaan, tetapi ke dalam unit yang lebih kecil di dalam kota. Satu contoh, adalah antropologi mengenai kemiskinan kota (urban poverty). Kemudian Oscar Lewis memperkenalkan istilah “culture of poverty” (budaya kemiskinan), yang mana dipahami sebagai bentuk dari kehidupan yang muncul secara independen akibat hilangnya faktor ekonomi dan politik (Valentine 1968; Goode & Eames 1996).

Antropologi dan urbanisme

Urbanisasi antropologi (migrasi desa-kota) berdiri saling memotong di antara kota dan desa. Bidang ini spesial kuat berkembang dalam penelitian di Afrika oleh para antropolog Inggris, dan studi di Amerika Latin oleh peneliti dari Amerika. Di sini penekanan dalam skala luas tergantung dari pergerakan fisik penduduk desa ke kota-kota dan adaptasi populasi dari imigran terhadap lingkungan barunya difokuskan mengenai perubahan struktur sosial, hubungan interpersonal dan identitas kolektif di dalam kota (Abu-Lughod 1962) Kecenderungan dari urbanisasi menunjukkan, bahwa jumlah penduduk yang akan berurbanisasi akan bertambah di masa medatang. Untuk itu bidang antropologi kemungkinan akan memusatkan ke dalam antropologi perkotaan (Ansari & Nas 1983:6)

Anthropology in cities and anthropology of cities

Ada jarak di antara “antropolog yang melakukan riset dalam kota, tetapi tanpa banyak memahami konteks perkotaan; hanya menitik beratkan pada struktur kehidupan kota dan pengaruhnya dalam perilaku manusia atau silang budaya; dan mereka yang menitik beratkan pada perkembangan dari sistem internasional perkotaan melalui waktu dan ruang sebagai perbedaan wilayah sosial-budaya dan politik-ekonomi” (Kemper 1991b: 374). Antropologi perkotaan di tahun 1960-an dan 1970-an difokuskan pada issue khusus, sebagai contoh, migrasi, pertalian keluarga (kinship), kemiskinan, dan lain sebagainya. Di tahun 1980-an diperluas ketertarikan pada semua aspek dari kehidupan perkotaan (urban life). 

Di dalam prakteknya, antropologi perkotaan telah melebur pada bagian khusus dari geografi, ekologi, dan disiplin lainnya. Issue kontemporer dari antropologi perkotaan adalah: 
- Masalah perkotaan; 
- Migrasi desa-kota; 
- Adaptasi dan penyesuaian dari manusia dalam populasi lingkungan yang padat; 
- Efek dari penataan kota di atas pluralisme budaya dan stratifikasi sosial; 
- Hubungan sosial (social networks); 
- Fungsi dari paertalian keluarga; 
- Pertumbuhan dari kota; 
- Kejahatan (crime); 
- Perumahan (housing); 
- Arsitektur; 
- Transportasi; 
- Penggunaan dari ruang (use of space); 
- Pekerja (employment); 
- Infrastruktur; dan 
- Demografi/kependudukan.


Masyarakat kota sebagai community

Adalah suatu kelompok teritorial di mana penduduknya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan hidup sepenuhnya. Dengan demikian, suatu community memiliki ciri-ciri: 

1. berisi kelompok manusia; 
2. menempati suatu wilayah geografis; 
3. mengenal pembagian kerja ke dlam spesialisasi dengan fungsi-fungsi yang saling tergantung; 
4. memiliki kebudayaan dan sistem sosial bersama yang mengatur kegiatan mereka; 
5. para anggotanya sadar akan kesatuan serta kewargaan mereka dari community; dan 
6. mampu berbuat secara kolektif menurut cara tertentu. 

Hal ini dapat diperjelas lagi bahwa community dapat dibagi menurut jenisnya menjadi empat jenis community: 
Rural
Fringe (pinggiran);
Town; dan 
Metropolis. 

Sedangkan kondisi-kondisi yang diperlukan bagi suatu kota (city) adalah: 1. pembagian kerja dalam spesialisasi yang jelas; 2. organisasi sosial lebih berdasarkan kelas sosial dari pada kekeluargaan; 3. lembaga pemerintah lebih berdasarkan teritorium daripada kekeluargaan; 4. suatu sistem perdagangan dan pertukangan; 5. mempunyai sarana komunikasi dan dokumentasi; dan 6. berteknologi yang rasional. Kota di dunia Barat masih terbagi atas jenis town dan city, dan masing-masing disebut coraknya menurut fungsi dominan, sehingga ada kota pertambangan, tangsi, pemerintahan, pendidikan, perdagangan, industri, turisme, dan sebagainya.

Kriteria kota dan definisinya

Kota dapat berupa town (kota kecil) dapat city (kota besar). Di Denmark, Swedia, Albania, dan Finlandia permukiman dengan 200 jiwa sudah disebut town; Di Argentina dan Kanada suatu tempat dengan 1.000 jiwa sudah disebut kota, sedangkan di Amerika Serikat, dan Meksiko 2.500 jiwa; Di Italia, Yunani, dan Spanyol untuk dapat digolongkan kota penduduknya paling sedikit 10.000 jiwa; dan Di Nederland dengan 20.000 jiwa, sedang di Indonesia menurut sensus 1971 juga 20.000 jiwa ditambah dengan beberapa syarat fasilitas lain. Contoh lain yang dikemukakan oleh Wilcox, daerah dengan jumlah penduduk 100 jiwa disebut community; 100 hingga 1.000 jiwa disebut village, dan 1.000 jiwa ke atas disebut city.

Perbedaan antara kota dan desa

PJM. Nas (1979) menjelaskan bahwa, 
(1). Kota bersifat besar dan memberikan gambaran yang jelas, sedangkan pedesaan itu kecil dan bercampur-baur, tanpa gambaran yang tegas; 
(2). Kota mengenal pembagian kerja yang luas, desa (pedalaman) tidak; 
(3). Struktur sosial di kota differensiasi yang luas, sedangkan di pedesaan relatif sederhana; 
(4). Individualitas memainkan peranan penting dalam kebudayaan kota, sedangkan di pedesaan hal ini kurang penting; di pedesaan orang menghayati hidupnya terutama dalam kelompok primer; dan 
(5). Kota mengarahkan gaya-hidup pada kemajuan, sedangkan pedesaan lebih berorientasi pada tradisi, dan cenderung pada konservatisme. 

Dunia Barat dalam Sosiologi Perkotaan membuat perincian objek studi sebagai pengkhususan: 
1. kemiskinan dan ketergantungan; 
2. salah adaptasi perorangan dan disorganisasi kepribadian; dan 
3. kenakalan remaja dan kejahatan. 

Untuk mempelajari itu semua dicakup tiga pokok sebagai berikut: 
1. persebaran keruangan dari gejala dan tempat tinggal para pelakunya; 
2. studi khusus terhadap para pelaku kejahatan untuk mengetahui jenis dan dalamnya motivasi; dan 
3. menstudi kejahatan yang diorganisasikan (termasuk parageng-nya).

Ciri-ciri struktur sosial kota

Struktur sosial dari kota dapat dirinci atas beberapa gejala sebagai berikut: 
(a) heterogenitas sosial, kepadatan penduduk mendorong terjadinya persaingan dalam pemanfaatan ruang; 
(b) hubungan sekunder, jika hubungan antar penduduk di desa disebut primer, di kota disebut sekunder; 
(c) kontrol (pengawasan sekunder), di kota orang tak mempedulikan peri laku pribadi sesamanya; 
(d) toleransi sosial, orang-orang kota secara fisik berdekatan, tetapi secara sosial berjauhan; 
(e) mobilitas sosial, di sini yang dimaksud adalah perubahan status sosial seseorang; 
(f) ikatan sukarela, secara sukarela orang menggabungkan diri ke dalam perkumpulan yang disukainya; 
(g) Individualisasi, merupakan akibat dari sejenis atomisasi, orang dapat memutuskan apa-apa secara pribadi, merencanakan kariernya tanpa desakan orang lain; dan 
(h) segregasi keruangan, akibat dari kompetisi ruang terjadi pada pola sosial yang berdasarkan persebaran tempat tinggal atau sekaligus kegiatan sosial-ekonomis.

Urbanisasi dan urbanisme

PJM. Nas (1979:42), berbendapat bahwa urbanisasi adalah proses yang digerakkan oleh perubahan-perubahan struktural dalam masyarakat, sehingga daerah-daerah yang dulu merupakan daerah pedesaan dengan struktur mata pencaharian yang agraris maupun sifat kehidupan masyarakat lambat laun atau melalui proses yang mendadak memperoleh sifat kehidupan kota. Urbanisasi yang berarti “gejala perluasan pengaruh kota ke pedesaan, baik dilihat dari sudut morfologi, ekonomi, sosial, maupun sosial-psikologis”. Konsep urbanisasi juga mencakup: pertumbuhan suatu permukiman menjadi kota (desa menjadi kota), perpindahan penduduk ke kota (dalam bentuk migrasi mutlak, atau ulang alik), atau kenaikan prosentase penduduk yang tinggi di kota. 
Istilah urbanisasi dalam garis besarnya mempunyai dua pengertian: pertama, urbanisasi berarti proses pengkotaan, yakni proses pengembangan atau mengkotanya suatu daerah (desa). Kedua, urbanisasi berarti perpindahan atau pergeseran penduduk dari desa ke kota. Migrasi ke kota terjadi karena adanya perbedaan kemajuan antara kota dan desa. 

Kehidupan kota yang jauh lebih enak, banyak kesempatan kerja yang bisa diperoleh di kota, mengundang penduduk desa untuk datang ke kota. Dengan demikian erat kaitan antara proses urbanisasi dan sarana komunikasi serta transportasi modern telah menyebabkan terjadinya dua gejala: 
1. gejala peleburan kesatuan-kesatuan komuniti kecil menjadi kesatuan komuniti yang lebih besar; dan 2. gejala pe-massa-an masyarakat, sebagai ciri kebudayaan modern. 

Gejala pertama timbul karena daerah-daerah atau lingkungan masyarakat yang tadinya tertutup, terisolasi secara geografik maupun sosial-kultural, menjadi terbuka, sejalan dengan semakin meluasnya jaringan komunikasi dan transportasi. Gejala kedua, pemassaan masyarakat terjadi karena dengan melalui sarana komunikasi dan tranportasi modern secara luas dan serentak dapat didistribusikan, dan diterima semua lapisan masyarakat, terlepas dari perbedaan kekayaan, pendidikan, dan tingkat sosial atau segi-segi lainnya. Proses urbanisasi tidak hanya proses difusi kebudayaan kota ke desa, tetapi juga terhadap masyarakat kota itu sendiri. Karena dalam kenyataan di kota-kota (termasuk kota besar) dalam negara-negara berkembang masih terdapat “desa-desa” di dalamnya.

Kingsley Davis, membedakan urbanization dari growth of cities: yang pertama menyatakan proporsi dari penduduk yang tinggal di kota. Dapat saja terjadi pertumbuhan di kota tanpa terjadi peningkatan urbanisasi. Proses urbanisasi terbatas, yaitu sampai tercapai seratus persen, sedang pertumbuhan kota berjalan tanpa ada batasnya. Di negara-negara yang maju urbanisasi menciptakan dua kelas masyarakat, yaitu proletariat kota (mereka yang gagal dalam social climbing), dan klas yang terdiri atas kaum lapisan sosial menengah (tukang dan pedagang). Di Inggris, urbanisasi berjalan berdampingan dengan industrialisasi. Di sini muncul tiga fenomena secara bersamaan, yaitu ekspansi penduduk, pertumbuhan kota, dan perubahan industri. Industrialisasi di Barat dalam abad ke-19 dan yang terjadi di Asia Tenggara mempunyai trend yang lain: di Barat pendorongnya adalah revolusi teknologi, sedang di Asia Tenggara keparahan krisis ekonomi di pedesaan yang agraris. 

Sosiolog Louis Wirth, mengatakan makin besar tempat tinggal, makin padat penduduknya, makin heterogen manusianya, maka makin menonjol karakteristik masyarakatnya. Di samping itu Louis Wirth juga menjelaskan:
(a) Urbanisasi menimbulkan inovasi, spesialisasi, diversitas, dan anonimitas. Kota dapat menciptakan cara hidup yang berbeda, disebutkan dengan istilah Urbanism; dan 
(b) Luas (size), kepadatan (density), dan heterogenitas (heteroginity) merupakan variabel bebas yang menentukan urbanisme, atau gaya hidup kota. Heterogenitas masyarakat kota mengakibatkan munculnya gejala depersonalisasi, lunturnya kepribadian orang, ia menjadi penting secara individual saja. Gejala ini dalam proses selanjutnya akan menuju impersonalitas dari masyarakat modern. 

Pada bagian lain, Georg Simmel mengupas impersonalitas dan melukiskan orang kota sebagai yang: (1) cenderung mencari privacy; 
(2) berhubungan dengan orang-orang lain hanya dalam peranan-peranan khusus saja; dan 
(3) menilai segalanya dengan standar uang. Selain menimbulkan klas baru, urbanisasi juga menciptakan gaya hidup (way of life) yang baru. 

Sedangkan Roe (1971), memandang gaya hidup kota modern memiliki tiga nivo kehidupan: 
(1) nivo kelompok primer yang akrab, ini terdapat dalam relasi orang dengan keluarga, teman dan tetangga; 
(2) nivo kelugasan kelompok sekunder, ini terdapat dalam relasi orang dengan teman-teman sekerja; dan 
(3) nivo kelompok berdasar peranan, ini bersifat anonim dan di situ terdapat interaksi misalnya, antara pribumi dan orang asing, si kaya dan si miskin.


Migrasi desa-kota dan pertumbuhan kota

Di Eropa, penduduk yang meninggalkan rumahnya untuk ke kota telah benar-benar pindah dari cara hidup desa ke tradisi perkotaan di mana mereka telah bermigrasi. Meninggalkan wilayah desa masuk ke kota yang terorganisir, terjadi setelah adanya faham dari luar, hal ini sebagai akibat dari kolonialisme Eropa. Dalam artikel “The Cultural Role of Cities,” 
Redfield & Singer mengatakan, istilah primary urbanization and secondary urbanization digunakan untuk membedakan antara: - perkembangan kota sebagai natural outgrowth (hasil alami) dari tradisi-tradisi yang menjadi bagian mereka (primary urbanization); serta - dan peradaban atau pra-peradaban masyarakat jelata (folk society) dari tradisi-tradisi perkotaan sebagai hasil pengaruh dari luar (secondary urbanization).

Cityward migration: the “push” factor

Bahwa yang permulaan mendiami kota, adalah kaum migran yang telah “ditekan” untuk meninggalkan tempat tinggal di desa atau kota-kecil, sebagai akibat dari faktor kesukaran ekonomi, dari pada “tarikan” oleh kesempatan kerja di kota. Beyond push and pull cityward migration as a multidimensional phenomenon. Meningkatnya urbanisasi di dunia dapat di analisis dari: 

1. tipe dari urban migration; dan 
2. kebudayaan, ekonomi, dan motivasi personal dari pergerakan penduduk. 

Variasi dari migrasi ke kota dapat dibagi menjadi beberapa kategori (Hackenberg & Wilson): 
- sedentary, pola pergerakan individu terutama dibatasi pada wilayah tempat tinggalnya, yang kadang-kadang mengunjungi lokasi-lokasi ritual dan seremonial; 
- circulatory, pola pergerakan individu dilakukan paling tidak sekali, atau beberapa kali, pada urban setting untuk periode yang panjang, tetapi mereka tetap tinggal di tempat komunitasnya; 
- oscillatory, mereka telah meninggalkan tempat asalnya untuk periode yang panjang dan kembali ke tempat asalnya, namun tidak menetap di tempat asalnya, karena sudah menetap di kota secara permanen; dan - linear, imigran benar-benar migrasi dari desa ke kota dengan pengertian mereka meninggalkan tempat asalnya dan tidak pernah kembali. Secara umum, bagi siapa yang meninggalkan tempat tinggalnya, adalah untuk mencari pekerjaan di kota mengikuti teman atau saudara dari tempat asalnya, tujuannya mendapatkan pekerjaan dan tempat untuk hidup. 
Kejahatan, sakit jiwa, dan permasalahan sosial: 
- nutrition and diabetes
- urban psychopathology
- juvenile delinquency (kejahatan remaja); 
- prostitution; dan 
- political corruption.

Kemiskinan di perkotaan

Budaya kemiskinan (culture of poverty) merupakan interpretasi kemiskinan sebagai gaya hidup yang bersifat integral, di mana terjadi bentuk-bentuk tertentu dari penyesuaian dan partisipasi terhadap dunia yang ada di sekelilingnya (Oscar Lewis). 

Munculnya budaya khusus tentang kemiskinan yang menentukan sepenuhnya hubungan antara individu dan kepribadian kaum miskin. Lalu apa penyebab kemiskin itu, kemudian di paparkan sebagai berikut: - kemiskinan yang bersifat kultural; 
- kemiskinan dan budaya dua-duanya terletak dalam lingkaran setan; dan 
- orang miskin dapat disosialisasikan pula di dalam budaya kemiskinan itu yang mewujudkan budaya yang dominan baginya. 

Kemudian ada lima jenis kebijakan dalam memecahkan masalah kawasan kumuh di perkotaan (Johnstone): 
a) Sikap laisser fair, pemerintah membiarkan dibangunna perumahan liar mengikuti permainan ekonomi; 
b) Alamist approach, pendekatan yang memandang bermunculannya gubug-gubug reyot kaum papa sebagai ancaman; 
c) Pendekatan sesisi (partial approoach), pemerintah memberikan subsidi kepada perushaan swasta yang mendidrikan perumahan bagi penduduk yang mampu membayar secara kredit; 
d) Total approach, pendekatan menyeluruh, pemerintah mendirikan secara besar-besaran perumahan untuk kaum ekonomi lemah; dan e) Pendekatan progresif (progresisive approach), pemecahan bersama penghuninya.

Peradaban kota

Peradaban istilah terjemahan dari civilization, dengan kata latin civis (warga kota) dan civitas (kota; kedudukan warga kota). Peradaban mewujudkan puncak-puncak dari kebudayaan (Huntington). Di samping hal itu, Franz Boas mengatakan, lahirnya kultur sebagai akibat dari pergaulan manusia dengan lingkungan alamnya. Meliputi budaya materiil, relasi sosial, seni, agama, dan sistem moral serta gagasan dan bahasa. Definisi budaya memberikan tekanan pada dua hal: pertama, unsur-unsurnya baik yang berupa adat kebiasaan atau gaya hidup hidup masyarakat yang bersangkutan; dan kedua, fungsi-fungsi yang spesifik dari unsur-unsur tadi demi kelestarian masyarakat dan solidaritas antar individu. 

Antropolog Malinowski (1944), membedakan lagi budaya material dan yang spiritual: pertama, menyangkut adat-kebiasaan dan pranata kemasyarakatan; dan kedua, menyangkut berbagai harapan, nilai dan gagasan yang berlaku umum. 

Sejarawan Oswaldo Spengler, memandang kultur sebagai pertumbuhan jiwa manusia yang bermasyarakat, dalam makna yang serba asli, mengandung kehidupan dan bersifat mulia, kuat, dan kaya. Dia berusaha menarik garis yang jelas antara budaya dan peradaban: - budaya, yang dominan nilai spiritual, menekankan perkembangan individu di bidang mental dan moral. (Yunani kuno sebagai budaya); dan - peradaban: yang dominan nilai material, menekankan kesejahteraan fisik dan material. (Romawi kuno sebagai peradaban) Spengler menyebut Zivilization (peradaban) sebagai produk akhir di mana budaya di situ telah menjadi steril, suatu kondisi yang akhirnya akan dialami oleh semua budaya yang ada. Ini berbeda dengan pendapat Huntington, bahwa civilization adalah puncak-puncak dari kultur. Dalam tafsiran Spengler justru sebaliknya, yakni bahwa Zivilization adalah lebih rendah daripada kultur karena merupakan hasil dari pemerosotannya.
Sikap manusia terhadap kota
Dalam menilai kota terdapat polarisasi antara dua faham. Golongan kolot, yakni para localis yang lebih berpangkal pada emosi, pengamatan pribadi, dan nostalgi. Mereka berpendapat bahwa yang ada tak usah dirubah, demi nilai sejarahnya. Golongan cosmopolitans, menghendaki perubahan drastis, yakni supaya wajah kota dirubah, sehingga lebih nampak corak modern dan internasional. Bagi localis ini berarti perlindungan terhadap yang ada. Sedangkan bagi cosmopolitans, itu berarti pemugaran yang disertai pertimbangan penggunaan ruang secara efektif dan kreatif.

Dalam filsafat mengenai kota dibicarakan pula faham mereka yang disebut “pembenci kota” dan “pencinta kota”. Para pembenci kota terdiri atas mereka yang putus asa dalam menghadapi kebobrokan kehidupan dalam kota. Kota mereka pandang sebagai sumber gejala kekerasan, pemabukan, penyakit jiwa, kejahatan, frustrasi, perceraian, dan sebagainya. 
Sehubungan dengan itu: Arsitek Frank Lloyd Wright, melukiskan manusia kota sebagai ternak goblok atau kelompok semut yang berputar-putar bingung mencari lubangnya. Filsuf abad ke-19 Emerson, memperingatkan bahwa kota menjadikan manusia semakin cerewet dan keranjingan hiburan serta iseng. Tokoh pembenci kota dalam sejarahnya adalah Jenghis Khan, selama hidupnya merasa diancam oleh kota, dalam rangka meluaskan kerajaannya, kota-kota di Asia banyak yang dihancurkan dengan sewenang-wenang. Dalam mengupas “pencinta kota”, F.L. Wright membagi manusia purba atas dua golongan: pertama, penghuni gua, ini seperti manusia kota sekarang; dan kedua, mereka yang berpindah-pindah, ini mirip petualang berasal dari pedesaan sekarang. Dengan adanya gejala urbanisasi yang melanda dunia sekarang ini para “pecinta kota” membela diri: kaum urbanis dengan sukarela meninggalkan desa karena mereka ingin terlepas dari cengkeraman kebodohan, dan sedikitnya kesempatan untuk maju.

Hal ini didukung pula oleh pendapat dari Paul Tillich, yang mengatakan bahwa justru dengan kehadiran mereka kita menjadi lebih menarik karena menawarkan hal-hal serba baru dan aneh. Arsitek Eliel Saarinen mengatakan, bagaimana pun, perkembangan fisik dan mental manusia banyak tergantung dari corak lingkungan tempat ia dibesarkan sejak bayi, dan bertempat tinggal serta bekerja sebagai orang dewasa.

Sumber Pustaka
Ansy’ari, S.I. 1993. Sosiologi Kota dan Desa. Surabaya: Usaha Nasional.
Basham, R. 1978. Urban Antrophology: The Cross-Culture Study of Complex Societies. United States of America: Mayfield Publishing Company.
Daldjoeni, N. 1977. Seluk Beluk Masyarakat Kota (Pusparagam Sosiologi Kota dan Ekologi Sosial). Bandung: P.T. Alumni.
Nas, d. P. J. M. 1979. Kota di Dunia Ketiga: Pengantar Sosiologi Kota. Jilid 1. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Spreiregen, P. D. (1965). Urban Design: The Architecture of Towns and Cities. New York: McGraw-Hill Book Company.





Wajah Arsitektur, Wajah Masyarakat





Wajah Arsitektur, Wajah Masyarakat 

 APA yang akan kita dapat dari foto sebuah bangunan? Rasa keindahankah? Atau ide baru? Atau bahkan tidak ada kesan sama sekali? Foto sebuah bangunan, dalam hal ini fotografi arsitektur, punya kekhususan dibandingkan fotografi lainnya. Sama seperti fotografi makanan, fotografi arsitektur "merekayasa sesuatu" untuk mendapatkan kesan tertentu dari orang yang menyaksikan foto tersebut. Dalam fotografi makanan, orang yang melihat foto harus tertantang untuk berselera, atau bahkan menjadi lapar. Maka sering makanan yang dipotret harus diwarnai dengan zat warna tertentu untuk mendapatkan efek lezat tersebut. Bahkan sang fotografer makanan biasanya dipilih dari orang-orang yang memang gemar makan enak. Sedangkan dalam fotografi arsitektur, jiwa sebuah bangunan harus terekam dalam foto arsitektur tersebut. Jiwa sebuah bangunan bisa terekam cuma dari sepotong bagian bangunan, namun bisa juga dari komposisi sang bangunan terhadap lingkungan sekitar. 

 Dari sisi ini, fotografi arsitektur yang berhasil seharusnya dilakukan oleh orang yang memang berkecimpung dalam dunia arsitektur. Secara tidak langsung, sebuah fotografi arsitektur akan sangat berguna bagi para pelaku arsitektur juga. Maka, pameran fotografi arsitektur bertajuk The Spirit of Time yang digelar di gedung World Trade Center, Jakarta, 23-29 Februari lalu bisa dikatakan sebagai sebuah sajian fotografi arsitektur yang mengena. Selain Yori Antar, sang fotografer adalah arsitek yang sangat aktif berkarya, obyek-obyek yang ditampilkan pun adalah obyek-obyek yang signifikan dalam dunia arsitektur, baik di Indonesia maupun mancanegara, dalam rentang waktu 15 tahun terakhir. Hal lain yang perlu dicatat dari pameran ini adalah, mulainya fotografi arsitektur memasyarakat. Sampai saat ini memang cabang fotografi ini baru dikenal di lingkungan kecil, yaitu para pelaku arsitektur. Di Indonesia pun, baru di tahun ini ada kalender yang gambarnya khusus menyajikan sisi arsitektur bangunan, yaitu yang dilakukan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. 

 Menurut Yori, sebuah bangunan mempunyai "jiwa" yang ditanamkan perancangnya. Sebelum memotret, kata alumnus UI ini, ia mencari dulu jiwa sang bangunan. Setelah didapat, barulah ia menentukan posisi, waktu dan sudut pemotretannya. Sukses sebuah fotografi arsitektur ditentukan seberapa jauh sang foto memberi info lengkap tentang bangunan tiga dimensi yang cuma disajikan dalam bentuk dua dimensi ini. Dalam hal foto-foto Yori Antar, terlihat sekali kepekaan sang fotografer memilih saat pemotretan. Yori tampak sadar sekali menunggu jatuhnya bayangan yang tepat pada sebuah bangunan untuk menampilkan kedalaman tertentu. Akhirnya, fotografi memang sangat subyektif. Bagaimana pun, upaya Yori berceritera dan melapor dengan foto-fotonya sangat memperkaya kita. Banyak sekali bangunan luar biasa yang ternyata ada di Indonesia dilaporkan Yori. Kita telah belajar sekaligus merasa memiliki banyak hal baru. Fotografi arsitektur memang merekam wajah berbagai macam masyarakat.

Wajah Arsitektur, Wajah Masyarakat VIDEO








Arsitektur "Malangkadak", Arsitektur "Horotokono"



Arsitektur "Malangkadak", Arsitektur "Horotokono" 

MUNGKIN ini yang dinamakan perjalanan menyusuri waktu dan ruang yang melompat-lompat di satu tempat; antara dunia maya dan dunia nyata yang maya, antara dunia legenda dan dunia balada, antara dunia akal sehat dan dunia orang kehilangan akal.

Bayangkan. Sebuah patung "sphinx" setinggi lima meter tegak di atas permukaan tanah, tiba-tiba saja berada di depan mata setelah mobil melewati jalan bergelombang dengan lubang-lubang terbuka dan berebut jalan dengan truk-truk pengangkut material. "Sphinx" itu seperti menjaga gerbang masuk suatu kawasan.

Patung para penari dari zaman Mesir Kuno yang membawa persembahan, alat musik dan menari, yang mengantar perjalanan kemudian setelah melalui gerbang masuk: pasti ini Pulau Paskah di Pasifik, karena beberapa patung kepala dari batu hitam terlempar di sisi kiri jalan masuk. Sedang di sebelah kanan terlihat potongan dinding berisi huruf hieroglif dari zaman Mesir kuno. Hanya sekitar lima puluh meter, tampak sekawanan kijang kencana. 

Oooo... rupanya Rama dari Ayodya bersiap meluncurkan anak panahnya, dan Rahwana yang mengepit Dewi Sinta, istri Rama, tengah bertarung dengan Jatayu. Lalu tiba-tiba saja kami "dikepung" para monyet anak buah Hanoman dalam Epos Ramayana yang seperti menyongsong perjalanan ke "colosseum", tempat para gladiator bertarung melawan binatang buas di Roma, satu bentuk "kebudayaan" Romawi yang dimulai pada tahun 72. Mudah-mudahan para perancang perumahan itu ingat bahwa colosseum kemudian tempat pembantaian para martir Kristen. "Colosseum" itu seperti pintu masuk menjumpai Dewa Neptunus di "tengah samudera" (kolam besar, maksudnya) yang dikelilingi naga laut dan di tepi danau tampak kuil pemujaan para dewa dan dewi dalam legenda Yunani Kuno. Dari titik itu mulai tampak rumah-rumah bertingkat dua yang dibangun berjajar, massal, dengan arsitektur entah bergaya apa. 

 Menyaksikan pemandangan luar biasa itu, terselip rasa "kagum" membayangkan perancangnya yang "kreatif" (lebih tepatnya nekad) menghadirkan "petualangan" dari zaman ke zaman di tengah lanskap sebuah perumahan mewah yang luasnya sekitar 100 ha di kawasan timur Jakarta. Khusus patung sphinx, patung berkepala manusia berbadan singa itu tegak menatap lurus setinggi lima meter. Di Giza, Mesir, sphinx seperti menjaga piramid, struktur monumental dari batu yang dibuat pada masa Kerajaan Mesir Kuno yang juga berfungsi sebagai kuburan dan penyimpan mumi (mayat yang diawetkan) para farao. Jadi, sekreatif apa pun, patung serupa sphinx di depan gerbang sih rasanya memang jadi terasa mengada-ada...

 *** SEKITAR 100 meter dari kawasan itu, tampak pemandangan yang tak kalah hebatnya pada gerbang suatu kawasan permukiman mewah yang konon mengantongi izin seluas 1.000 ha. Paling tidak kami menjumpai sepotong "Eropa kuno" di sana. Dua patung mirip Dewa Atlas yang memanggul bola dunia, menyongsong di bagian depan sisi kanan-kiri gerbang masuk. Di sisi kanan-kiri bagian dalam terdapat arcade bergaya Renaissance mengapit karya instalasi berbentuk setengah lingkaran besar dengan patung-patung kecil bergaya Eropa abad pertengahan yang melayang di beberapa bagiannya, seperti piazza di Italia. Pemandangan itu mengantarkan kami memasuki bulevar dengan lanskap yang menyejukkan mata. Di kiri-kanan jalan ditumbuhi semak dari tanaman tropis pilihan dikelilingi rumput hijau tebal yang tampak sangat terawat. Tiba-tiba bangunan berwarna permen warna-warni (seolah-olah) berarsitektur gaya "Disneyland" menyita pemandangan di depan. Ah... bangunan kantor pemasaran, rupanya. Ketika memasuki bangunan itu, terasa sebersit keraguan, sampai harus diyakinkan kembali oleh satpam, itu betul kantor pemasaran. Soalnya, meja berjajar di kanan-kiri hall yang dihuni wajah-wajah cantik karyawan pemasaran itu mengesankan suasana agak asing: bukan seperti ruang pemasaran, tetapi ruang pengadilan. 

 Di kawasan perumahan dengan harga terendah Rp 92 juta tunai atau Rp 104 juta dengan harga tunai bertahap selama 12 bulan itu untuk T29/72 (tipe aslinya "rumah sederhana" atau RS) di kelompok (cluster) Pesona Amerika itu - "Tetapi sebentar lagi tanahnya naik Rp 25.000," kata gadis cantik petugas pemasaran - katanya sudah terbangun sekitar 3.000 rumah di atas lahan seluas 300 ha. "Di sini cara membangunnya inden, hanya dibangun setelah dibeli," lanjut petugas pemasaran. "Harga di sini naik tiap tiga bulan. Tetapi ya laku saja tuh. Waktu saya pindah setahun lalu, baru beberapa yang tinggal di sini. Sekarang mulai banyak. Banyak kok bintang sinetron yang tinggal di sini juga," ujar Ny Atik (30), menyebut nama beberapa bintang sinetron yang sedang naik daun. 

Karyawati sebuah perusahaan di kawasan Kuningan Jakarta itu merasa beruntung membeli rumah di cluster Pesona Florence yang kaplingnya sudah habis terjual. 

 *** PESONA Florence, Italia. 

Atau pesona-pesona lainnya seperti yang berkali-kali muncul dalam iklan di media massa cetak atau audio. Mungkin karena temanya "pesona" itu orang dibuat seolah-olah berada di Florence. Tetapi jangan banyak berharap mendapatkan bayangan Kota Florence di Tuscany, Italia, yang mampu membawa pengunjungnya menengok sejarah dan merasakan aura masa lalu kota itu. Di cluster Pesona Florence, yang dijumpai adalah bangunan-bangunan rumah massal berlantai dua, dengan halaman tanpa pagar mirip model townhouse. Lingkungan binaannya tampaknya memang dibuat senyaman dan seakrab mungkin untuk kelompok masyarakat kelas menengah yang lari dari kepengapan Jakarta. Pada gerbang masuk cluster Pesona Paris, kami disongsong tulisan timbul Bienvenue a Paris dan gapura menyerupai Art d'Triomphe di Paris yang aslinya bisa dipakai untuk lewat 14 kereta kuda, serta patung-patung lainnya yang menyerupai patung dari zaman Renaissance. Satpam yang menjaga dengan sopan memberi kartu, menyilakan mobil masuk. Seperti cluster lainnya di Pesona Wina, Pesona Kyoto, Pesona Amsterdam, Pesona Denhaag, jalan masuk ke Pesona Paris tampak sangat asri dengan lansekap taman yang menyejukkan mata. 

Tetapi, sekali lagi, jangan berharap menemukan Paris di cluster itu. Kecuali gerbang masuk yang "ke-paris-parisan", semua rumah di dalamnya tak lebih dari jajaran bangunan bertingkat dua yang dibangun secara massal, dengan halaman tanpa pagar dan jalanan yang lapang. Beberapa bagian jendelanya tampak hanya berupa hiasan, dan tampaknya rumah-rumah tersebut dikonstruksikan untuk menggunakan pendingin ruangan. Lingkungannya tampak tertata dan terpelihara. Beberapa rumah sudah ditambah dengan beragam bentuk tempelan yang menunjang fungsi penghuninya, seperti atap untuk garasi terbuka di depan rumah. Di beberapa rumah tampak tempelan patung kepala singa kecil di dinding taman, seperti miniatur kepala patung-patung singa di Helgeandsholmn, bagian utara kota tua Stockholm, Swedia. Yang menarik adalah baliho-baliho bertuliskan Opera de la Concorde, Paris dan lain-lain di pinggir jalan. Tentu tidak relevan menanyakan di mana Opera de la Concorde. Namanya saja seolah-olah. 

Jadi kalau obyeknya maya, ya boleh-boleh saja. Kami sempat singgah di Sentra Komunitas Pesona Paris, suatu pusat berkumpul warga (idealnya) yang sore itu tampak sepi, hanya dikunjungi beberapa orang. Pos penjaga menuju ke pintu kawasan itu terlihat kotor, meski dibangun sesuai warna lingkungannya. Dindingnya penuh coretan. Lantainya kusam seperti tidak pernah dibersihkan. Gambaran sketsa di kantor pemasaran yang begitu mewah hampir tidak bersisa (namanya saja sketsa...), kecuali toko-toko kecil seperti mini market dan laundry untuk kebutuhan cepat penghuninya. Juga ada beberapa restoran, malah ada yoghurt Cisangkuy Bandung yang rasanya spesial itu. Restoran Betawi di tempat ini bernama Le Batavia. Yang ditawarkan sop buntut juga. 

 *** STREET of London sekarang ada di kawasan Puncak, Jawa Barat. Ini adalah tema dagangan baru yang ditawarkan satu perusahaan real estat yang membangun vila di kawasan itu. Kalau melihat promosinya di Plaza Senayan beberapa waktu lalu, rasanya menarik juga melihat semua pemandangan di jalanan Kota London lama yang dilengkapi patung-patung kardus para serdadu penjaga istana. "Masih dalam pembangunan. Itu wilayah yang baru kita buka," kata petugas dari kantor pemasaran yang segera mengangsurkan brosur-brosur rumah vila di atas area yang mendapat izin seluas 180 ha termasuk bukit-bukit yang tampak gundul karena dikelupas. Di tempat ini katanya telah terbangun sekitar 2.000 vila yang dibangun dengan cara indent juga. Harga termurah dengan satu kamar (T47/130) sekitar Rp 170 juta tunai. Street of London yang tengah dibangun itu harganya lebih Rp 750 juta dan katanya sudah dibeli enam kapling. "Di sini banyak yang akan dijual lagi. Hubungi saja kantor pemasaran," ujar seorang satpam ketika kami mengelilingi kompleks yang dibangun dengan tema-tema kota di dunia itu. Suasana di kawasan yang dibangun untuk tempat peristirahatan itu tampak sepi. 

Hanya satu-dua penghuni yang tampak. Itu pun ternyata bukan pemilik, tetapi kerabat pemilik yang sedang diserahi tanggung jawab oleh pemiliknya untuk mengawasi renovasi bangunan. "Kita menyediakan satpam dan tenaga yang memelihara serta membersihkan halaman. Untuk itu ada iuran wajib antara Rp 120.000 - Rp 220.000 sebulan," kata petugas kantor pemasaran itu. Di sebuah bukit yang sudah tampak gundul di kawasan real estat itu, katanya tidak akan dibangun untuk vila. Tetapi, "Kami akan membangun corporate lodge di sana. Nantinya akan ada fasilitas olahraga dan berbagai fasilitas lainnya di situ," lanjutnya. Tak jauh dari kantor pemasaran, terdapat tempat bermain anak yang menyerupai Disney Land. Di bagian depan, ada patung ksatria Eropa abad pertengahan dengan baju besinya, seperti menjaga pintu masuk. "Penghuni mendapat diskon 20 persen untuk menikmati fasilitas yang disediakan," jelas petugas lagi. 

 *** DI kawasan ini (sungguh) kita bisa berteriak "kagum". Lumayan untuk menghilangkan stres dan sejenak melupakan krisis ekonomi serta aksi-aksi unjuk rasa yang terus berlangsung di jalanan Jakarta. Sayangnya tawa kami bukanlah tawa kegembiraan. Ada rasa getir menyaksikan tempelan-tempelan arsitektur dari belahan dunia lain untuk bagian depan rumah dan bentuk secara umum. Malah ada bunga-bunga impor di depan beberapa vila bertema kota-kota di Eropa dan patung-patung tiruan untuk menegaskan kesan seolah-olah itu. Ada juga bentuk rumah dengan atap seperti iglo, rumah orang Eskimo, dengan warna-warna cerah. Lanskap kawasan ini juga dibuat mirip tema-tema kota dunia yang ditawarkan. Akan tetapi, itu hanya kesan sepintas. Semakin jauh mengamati vila-vila di kawasan Puncak itu, semakin tampak keanehan-keanehan mencolok, khususnya alat pendingin tampak menempel di bagian luar rumah dan jendela yang ternyata hanya hiasan. Pintu masuk di vila-vila dengan dua kamar tidur itu terasa kecil dan sempit. Setiap rumah mempunyai perapian dan "cerobong asap" seperti rumah-rumah di benua yang punya empat musim. 

 Beberapa penghuni mulai berkreasi menambah bangunan yang tidak disesuaikan dengan bangunan asal. Tetapi ini menyangkut soal selera dan hak. Kalau sudah dibeli tidak ada satu pihak pun yang berhak menegur si pemilik yang ingin membuat rumahnya menjadi seperti apa, sepanjang ada izin resmi, sepanjang tidak merugikan orang lain. Sayangnya, sulit membayangkan sekumpulan vila di sebuah real estat yang berderet-deret bermodel sama, bertipe sama. Juga sulit membayangkan vila dengan lanskap yang terkesan amat artifisial itu. Yang lebih terasa adalah kawasan real estat biasa yang dibangun di Puncak, Jawa Barat, kawasan peristirahatan yang saat ini dipenuhi bangunan dan rawan longsor. Ternyata wabah aneka pesona itu bukan cuma milik Jakarta dan kawasan sekitarnya atau kawasan Puncak. "Gejala serupa tentang hunian bernama aneh juga ada di Bandung Utara," ungkap Setiadi Sopandi dari Arsitek Muda Indonesia. "Potensi konflik di kawasan itu adalah pembangunan fisik versus daerah resapan air, dan kawasan pemukiman mewah yang dihuni hanya akhir pekan versus kawasan miskin (di pinggiran kompleks perumahan)." "Ini namanya arsitektur malangkadak, sana ndak, sini ndak. Ini arsitektur yang merusak. Saya heran kok ndak ada arsitek yang teriak," kata Ir Hilman Asnar, pemilik PT Hilman dan Mitra, yang kebetulan ditemui di lokasi itu. "Tahu apa bahasa Jepang rumah-rumah yang katanya bergaya Kyoto itu?" tanyanya setelah beberapa saat. "Arsitektur horotokono," ia menjawab pertanyaannya sendiri sambil tersenyum, karena horotokono merupakan plesetan bahasa Jawa yang agak sulit dicari padanannya dalam bahasa Indonesia. Tetapi, kira-kira artinya, "sukurin" atau dalam bahasa yang lebih populer, "Nah lo, nah lo"!

Arsitektur "Malangkadak", Arsitektur "Horotokono" VIDEO





Karya Muda Arsitek di Ruang Gelap.



Karya Muda Arsitek di Ruang Gelap.
 

 Pameran karya arsitek muda kali ini menampilkan perkembangan yang menggembirakan. Tapi mengapa seperti ada penyeragaman langgam? Tak lazim. Begitu kesan kita ketika pertama masuk ke ruang pameran Erasmus Huis. Disambut dengan dinding dari susunan kardus, kita memasuki ruang yang gelap. Dinding putih dan beberapa pintu di ruang pameran ditutupi kain hitam. Jalan menuju ke ruang pertunjukan video karya Arsitek Muda Indonesia (AMI) dihantar dengan lampu kecil berkelap-kelip. Memang selayaknya arsitek bisa menyiasati ruang seperti yang mereka inginkan. Seperti mereka menyiasati batas-batas ruang yang mereka pakai dalam rancangannya. Rumah di Ragunan karya Adi Purnomo contohnya. 

Dengan segala keterbatasan ruang yang tersedia, kreativitas Adi tetap tidak tersumbat, bahkan menciptakan karya yang sungguh luar biasa. Rumah tinggal di lahan dengan kedalaman 14 meter itu harus terjepit dengan garis sepadan bangunan 10 meter dan parit kecil di belakang 1 meter. Dengan lebar lahan 3 meter, sang arsitek dapat mengoptimalkan ruang sekaligus menghadirkan karya dengan nuansa tropis. Karya Adi Purnomo lainnya, Gereja Taman Bintaro, menciptakan ruang kebaktian di bawah bukit rumput. Lebih mementingkan lingkungan yang asri, bukan gedung gereja yang sering menjulangkan menara dan salibnya. 

Bangunan ini pun terjepit menara listrik tegangan tinggi. Gereja di bukit suci Kelong Manado, karya Idris Samad, menyajikan ruang misterius terhadap hubungan manusia dengan Tuhannya. Melalui jalan yang berliku dan pintu masuk yang tidak langsung menghadap altar (bandingkan dengan pintu gereja biasanya yang langsung menghadap altar), kita dihantar ke dalam perenungan sebelum menghadap Sang Khalik. Bandingkan dengan masjid tanpa kubah dan minim ornamentasi dari Masjid Ar-Rayan karya Ahmad Djuhara serta Masjid Trisakti karya Jeffry Sandy dan Sukendro Sukendar Priyoso, yang memberi suasana baru. Setidaknya, suasana yang tak biasa buat kita yang sering melihat masjid dengan kubah bawang dan penuh ornamen. 

Menghadirkan suasana yang tak biasa dan baru menjadi semangat para arsitek muda. Ada bermacam rancangan yang dipamerkan, mulai dari rumah tinggal, rumah ibadah, komersial, hingga sayembara, yang mendapat sentuhan arsitek muda yang ingin pembaruan. Pembaruan telah banyak dilakukan AMI. Dan karya yang mereka tampilkan sekarang merupakan karya arsitek generasi yang lebih muda. Karya-karya yang mempertanyakan esensi pembatas dalam sebuah ruang dan atap. Presentasi pun dengan kardus dan maket yang menampilkan pohon tanpa daun. Dengan berharap klien yang memberikan penugasan mempunyai imajinasi yang sama dengan keinginan sang arsitek. Sebuah keberuntungan besar buat arsitek yang memiliki klien yang mengerti imajinasi arsitek itu. 

Dari klien yang bijak, lahir pula karya arsitektur yang baru. Baru dalam penataan ruang, juga dalam penggunaan material. Seperti karya Ahmad Djuhara dalam rumah baja Sugiharto yang menampilkan penggunaan material besi, seng, dan aluminium dalam karya rumah tinggal. Rumah tinggal yang murah ini bukti penolakan anggapan bahwa rumah tinggal yang dirancang arsitek itu mahal. Pencarian material baru termasuk sikap kreatif dari arsitek dunia. Di Jepang, arsitek Shigeru Ban terkenal dengan penggunaan kertas dalam karyanya. 

Yang menggembirakan adalah karya-karya sayembara yang dipamerkan. Semua energi sang arsitek terwujud dalam menyikapi tantangan sayembara itu. Pada sayembara pusat kesenian (art center), AMI menurunkan karya kolaborasi Ahmad Djuhara dan Wendy Juniana Djuhara, kolaborasi Maria Rosantina dan Zenin Adrian, dan kolaborasi Daliana Suryawinata dan rekan. 

Sikap kreatif mereka ditantang dalam menjawab sayembara pusat kesenian di lahan Galeri Nasional Jakarta. Membangun yang baru dan menghargai yang lama. Minimnya sayembara, sebuah kendala perkembangan arsitektur di Indonesia. Banyak arsitek dunia disarkan oleh sayembara yang dimenanginya. Orang-orang muda dalam AMI membutuhkan suasana kompetisi yang sehat dalam berkarya. Kompetisi yang mendewasakan sikap dan karakter rancangan mereka. Adapun pameran kali ini, sadar atau tidak, banyak menghasilkan karya yang berlanggam seragam. Kurang bervariasi. Mungkin karena arsiteknya saling mempengaruhi. Atau sangat sedikit arsitek muda Indonesia yang terlibat. Atau memang langgam serupa melanda arsitektur dunia dan kini mengukuhkan pengaruhnya di Indonesia. AMI menjadi tempat berkumpulnya ide segar di seluruh Indonesia. Sebuah benih arsitektur di negeri ini yang mampu membangun lingkungan dan kota-kota kita dengan karakter garis tangan arsitek Indonesia. Semoga produk mereka akan lebih mencerminkan keragaman ketimbang keseragaman di waktu mendatang.

Karya Muda di Ruang Gelap. VIDEO





Menjelajahi Dan Mengenal Arsitek Muda Indonesia (AMI)




Menjelajahi Dan Mengenal Arsitek Muda Indonesia (AMI)
 

Latar Belakang 

 Ada beberapa persamaan pandangan diantara para arsitek muda pada saat itu, yang baru lulus dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke rimba belantara arsitektur. Mereka melihat kondisi dunia arsitektur di Indonesia pada saat itu 'tidak menarik', 'monoton' dan 'tidak berkarakter', hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang ternyata masih relevan sampai saat ini. 

Arsitektur kita tidak berkarakter. 

 Banyak diantara karya-karya arsitektur kita tidak menggambarkan karakter dan tanda tangan si arsitek. Kita sering kali sulit mengenali karya arsitek siapakah itu ?.........hal ini mungkin terjadi karena beberapa kondisi pada saat itu. Tidak adanya derajat yang tinggi dari profesi arsitek di hadapan pemberi tugas terbatasnya kepercayaan yang diberikan kepada Arsitek, sering kali pemberi tugas mendikte keinginannya begitu saja, tanpa peduli dengan karakter si arsitek. Para arsitek kita lebih suka berlindung dibelakang nama besar bironya (jarang ada arsitek yang berani tampil atau memang enggan dan dilarang tampil). Akibatnya yang semakin di kenal adalah nama bironya saja, tanpa tahu persis siapa arsitek di belakangnya. 

Profesi dan dunia arsitektur kita cenderung tertutup & low profile 

 Kita semua merasa ada ketertutupan baik si arsitek maupun karyanya. Entah karena para arsitek kita begitu "'low profile'" untuk meng-ekspose karya-karyanya kepada orang lain, entah mungkin juga takut ditiru karyanya. Hal ini ditunjang pula dengan miskinnya publikasi dan informasi seperti majalah dan buku-buku arsitektur. Sebetulnya banyak bangunan-bangunan / karya arsitektur yang bermutu dari arsitek -arsitek kita, namun karena ketertutupan dan sikap cenderung "low profile" inilah yang membuat kita semakin tidak tahu menahu dan menjadi hambatan besar untuk memajukan dan memeriahkan dunia arsitektur kita. Akibatnya yang juga bisa kita rasakan sampai saat ini adalah lebih dikenalnya arsitek-arsitek luar oleh pemberi tugas, maupun oieh arsitek kita sendiri. 

Dunia pendidikan arsitektur kita cendrung "doktriner" 

 Pendidikan arsitektur kita berjalan dan berkembang sangat lambat bila dibandingkan dengan perkembangan arsitektur di dunia, yang menghambat selain birokrasi, aneka kurikulum yang selalu berubah, juga kecenderungan untuk mendoktrin benar atau salah. Para mahasiswa arsitektur tidak dididik sebagai penemu dan pencipta yang kreatif untuk mencari kemungkinan-kemungkinan baru alam dunia arsitektur, mereka hanya diajarkan benar atau salah. Akibatnya para mahasiswa cenderung mencari selamat dimana lulus adalah tujuan utama, akibatnya didalam dunia profesinya, sifat asal lulus ini sama sekali tidak membentuk kepercayaan diri si arsitek, dan lalu cenderung ikut arus saja. Jadi akibat dari semua hal tersebut diatas, kita merasa sebagai arsitek kita belum "merdeka", merdeka dalam ber-ekspresi, merdeka atas kepercayaan yang diberikan kepada kita. Dan juga yang terpenting adalah merdeka atas diri kita sendiri yang memang tidak percaya diri. Hai-hal inilah yang menyebabkan Arsitektur dan Arsitek kita belum dapat menjadi diri "sendiri". Sadar bahwa Arsitektur adalah pilihan profesinya yang harus di perjuangkan dan dikembangkan, maka beberapa arsitek muda dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, sepakat untuk memulai suatu kelompok / forum bernama "AMI". ARSITEK MUDA INDONESIA untuk memberikan "sedikit" gerakan yang diharapkan dapat "menggoyangkan" dan menggerakkan kemapanan yang sudah terbentuk tadi, untuk bergerak maju. 

Makhluk Apakah AMI itu ? 

 AMI sampai saat ini tidak pernah terpikir untuk membentuk organisasi yang dilengkapi dengan AD/ART, sekretariat dan lain-lain sebagainya. AMI mengakui bahwa IAI adalah satu-satunya organisasi profesi Arsitektur di Indonesia. Lalu seperti apakah jiwa dan sosok AMI yang tidak dapat di lihat namun dapat dirasakan kehadirannya ?. 

 JIWA AMI 1. Semangat 2. Kritis 3. Keterbukaan 

 SEMANGAT Semangatlah yang mengikat sesama anggota AMI untuk terus menerus menggali dan menyumbangkan idealisme dan perkembangan Arsitektur di Indonesia. Semangat ini di manifestasikan dalam wujud "penjelajahan desain". Salah satu kalimat tepenting dari manifesto AMI adalah: "Bagi kami Arsitek Muda Indonesia, arsitektur adalah wujud dari penjelajahan disain" jadi kata kuncinya adalah 'Penjelajahan'". Kita tidak peduli sebuah proses desain harus melalui bentuk kotak yang, kemudian berkembang menjadi bundar, segitiga, tidak beraturan dan akhirnya kembali ke kotak lagi, hal itu tidak penting, yang utama adalah "Proses" dari penjelajahan itu sendiri. Dengan menjalani proses penjelajahan, maka akan terdapat ber ribu-ribu kemungkinan dan penemuan-penemuan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dalam suatu proses disain, sering para arsitek kita terlalu cepat berhenti, dan merasa sudah cukup puas dengan rancangannya. Padahal sebetulnya mereka belum dapat dikatakan menemukan "sesuatu" akibatnya rancangan yang dihasilkan akan menghasilkan sosok yang asing. Padahal proses desain seharusnya tidak boleh berhenti, dan harus terus berlangsung, bahkan sampai pelaksanaan di lapangan . (beruntung kita memiliki arsitek YB Mangunwijaya yang membuka mata kita untuk suatu alternatif dalam perancangan & pelaksanaan, dimana beliau tidak pernah mengandalkan gambar kerja, tapi terjun langsung di lapangan untuk berimprovisasi dengan tukang-tukangnya untuk menghasilkan bangunan yang dianggap terbaik.) Betapa asyiknya menjadi seorang penjelajah bisa kita rasakan sendiri. Dan ternyata pada akhirnya kita juga menjadi diri kita sendiri, dan karakter, tanda tangan dan jiwa kita akan muncul dengan sendirinya. Namun kita juga menyadari betul, bahwa kita tidak dapat mengatakan bahwa saat ini para anggota AMI sudah berhasil menemukan tanda tangan mereka. 

 Hingga saat ini, kita masih dalam proses., Proses untuk terus mencari dan mencoba terus ber macam-macam kemungkinan-kemungkinan. Hanya modal semangat dan kepercayaan yang pelan-pelan terus di tumbuhkan melalui penjelajahan desain yang membuat proses itu tetap berlangsung sampai saat ini. 

 KRITIS Beberapa rekan-rekan AMI adalah figur-figur yang sangat kritis, hal ini bisa dilihat dari awal, pada mulanya mereka menjalani pendidikan Arsitektur di bangku kuliah. Mereka sering mempertanyakan dan tidak terima begitu saja apa yang di anjurkan, bahkan sering kali dari mereka harus menjadi korban akibat keyakinan mereka sendiri. Pada saat ini pun mereka juga tetap kritis, kritis terhadap karya sendiri, maupun kritis terhadap karya orang lain. dan inilah salah satu kekuatan AMI yaitu budaya kritis, untuk saling kritik diantara teman-teman sendiri. Dan pada akhirnya kita menjadi sadar betul bahwa forum seperti debat / kritik sangat di gemari dan bermanfaat. Kita tidak peduli hasil akhir dari debat / kritik tersebut, yang penting prosesnya yang telah memperkaya kita, dari berbagai sudut pandang yang lain. (sehingga lahirlah istilah "Sepakat untuk tidak sepakat".) 

 KETERBUKAAN Kekritisan harus ditunjang keterbukaan. Keterbukaan melontarkan pendapat, dan keterbukaan mendengarkan pendapat. Hal ini menjadi ciri khas rekan-rekan AMI untuk saling mempublikasikan / mengexpose karyanya untuk "dibantai" dalam forum-forum AMI. tanpa harus tersinggung atau "takut dicontek idenya", karena akhirnya yang beruntung adalah kita juga, yang mendapat masukan-masukan yang beraneka ragam dan membantu "percepatan" dengan belajar diantara sesama teman sendiri. Tidak mengherankan bila karya-karya AMI seperti seolah-olah mempunyai karakter tersendiri, walaupun beraneka ragam, bentuk dan pendekatan masalahnya. 

Hal ini lah yang sejak awal juga berhasil menghilangkan sekat-sekat kebanggaan yang berlebihan di antara para AMI yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, baik dari Universitas Negri, Universitas Swasta bahkan dari Luar Negri. Pada awalnya memang mereka begitu bangga dengan latar belakang pendidikannya, tapi kini merekapun sadar bahwa mereka di perkaya oleh teman-teman sendiri yang datang dari latar belakang Universitas yang berbeda satu sama lain. AMI juga tidak pernah menawarkan suatu style/ langgam arsitektur tertentu, setiap orang mempunyai idola dan karakternya sendiri. Sepintas lalu corak arsitektur AMI memang seperti seperti gado-gado yang beraneka ragam benang merah yang mengikatnya hanyalah semangat penjelajahan/pencarian dan penemuan. 

 SOSOK AMI 

 Walaupun tidak dapat dilihat namun dapat di rasakan kehadirannya melalui kegiatan-kegiatan seperti: Pameran Diskusi Open House Penerbitan Buku PAMERAN Pameran adalah bentuk pernyataan kita yang sangat jelas, dalam pameran ini tergambar proses dan semangat explorasi dari rekan-rekan AMI. Karya-karya yang dipamerkan berupa proyek-proyek proposal, bangunan bangunan yang terbangun, maupun proyek- proyek fiktif (yang menjadi penting karena biasanya proyek-proyek fiktif menampilkan ide-ide / konsep yang futuristik, original dan memandang kedepan arsitektur kita fana akan datang). Pameran tidak disusun secara mati, tapi juga bervariasi, baik itu gambar, foto, maket, sketsa, bahkan lay out pemeran itu sendiri tidak luput dari perhatian. Pameran ini pada awalnya berlokasi di gedung pameran, seperti pameran Prospektif 1990, di Jakarta Disain Center, namun kemudian hal ini tidak efektif bila terus menerus di gedung pameran. Tantangan-tantangan justru terbuka untuk pameran di bangunan-bangunan lain, baik itu berupa rumah rumah tinggal yang kebetulan menjadi acara Open House, atau di museum seperti di diorama Monas tahun 1995, atau di Cafe tahun 1996 (Peluncuran buku AMI, penjelajah 1990-1995), hal ini juga untuk membuka kemungkinan kemungkinan baru dan memperkaya bentuk pameran supaya praktis, tidak monoton, dan tidak butuh persiapan yang besar-besaran, yang melelahkan. 

 DISKUSI 

 Diskusi yang sering juga jadi ajang caci-maki diantara sesama arsitek berlangsung dimana saja dan berpindah-pindah tempat. Dalam fungsi diskusi ini sering juga kita mengundang pembicara tamu, arsitek-arsitek yang baru lulus / baru pulang dari luar negri untuk membagi pengalamannya. Bahkan juga bisa sering meminta rekan-rekan mahasiswa untuk juga saling membagi informasi timbal balik (dalam hal ini telah dilakukan presentasi ke sayembara UNTAR dan Open House keluarga Irma Kamdani dimana arsiteknya Andra Martin. 

 Disamping itu kita juga diminta ceramah / presentasi atas undangan institusi seperti UNDIP, ITB, UNPAR, Ul, UNTAR dan terakhir ITS (28 Oktober 1 996). Dalam salah satu diskusi AMI, di pameran Arus Silang di Lorong Jurusan Arsitektur ITB, yang di moderatori oleh Yuswadi Saliya. 

Yuswadi-lah yang pertama kali melontarkan bahwa AMI adalah generasi Arsitek ke 3 di Indonesia, dimana generasi pertama adalah Silaban dkk. yang berasal dari pendidikan di Luar Negri (Barat), 
generasi ke 11, hasil didikan dalam negri, Adi Moersid, Atelier Enam dkk . 

Sedang AMI generasi ke tiga, yang sepertinya terlepas sama sekali dari para pendahulunya. Pak Yus juga menambahkan inilah generasi "Arus Informasi". 

 OPEN HOUSE 

 Sebuah acara favorit AMI, yang merupakan acara peresmian rumah / bangunan dimana juga merupakan pertanggung jawaban si arsitek terhadap karyanya. Acara digelar secara santai, namun terbukti efektif sebagai bahan study arsitektur langsung dilapangan. Acara pada open house yang merupakan partisipasi dari arsitek, kontraktor dan pemberi tugas biasanya sebagai berikut: 

 Peresmian rumah / "'tour de architecture'" yang biasanya dilanjutkan dengan diskusi dan tanggung jawab langsung dengan si arsitek. Kemudian juga ada beberapa acara spontan lainnya seperti peresentasi slide berupa perjalanan arsitektur atau desain, pameran terbatas 1 hari, diskusi dan lain sebagainya. Acara open house ini sangat populer dan di gemari baik dikalangan AMI sendiri dan juga para ABG (Arsitek Baru Gede, yang baru lulus atau mahasiswa) dimana undangan disebar luaskan melalui fax. Jadilah acara ini seperti kuliah terbuka, mimbar bebas untuk berbicara mengenai arsitektur yang dihadiri oleh berabagai arsitek dan mahasiswa dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. 

 PENERBITAN BUKU 

 Menerbitkan buku memang sudah lama menjadi keinginan dari Arsitek muda. Namun begitu susah untuk merealisasikan karya dan baru pada pertengahan tahun 1996, ( setelah 6 tahun berlangsung) akhirnya berhasil diterbitkan sebuah buku yang merupakan proses yang cukup lama baik mengenai bahan dan materi itu sendiri. Buku pertama AMI yang bertemakan Penjelajahan 1990 - 1995, berisi karya-karya AMI maupun tulisan-tulisan berupa pemikiran-pemikiran, ide dan lain sebagainva. Buku yang diluncurkan di Twilite Cafe pada tanggal 22 April 1996 mendapat sambutan yang sangat hangat dari kalangan masyarakat dan pemerhati Arsitektur, dimana buku arsitektur yang membahas karya-karya Arsitektur Indonesia sangat dibutuhkan. Dalam tempo + 1 bulan, tanpa publikasi yang memadai telah habis terjual 2000 buku. 

 Salah satu komentar yang sangat tepat datang dari arsitek senior Ir. Zaenuddin Kartadiwiria yang juga merupakan dosen di jurusan Arsitektur di Universitas Trisakti yang menganjurkan mahasiswa-mahasiswanya untuk memiliki buku ini, dimana beliau mengatakan "terlepas baik atau buruknya buku AMI ini, namun inilah gambaran dunia arsitektur kita saat ini". 

Komentar yang kritis juga datang dari dosen dan arsitek senior dari ITB, sekaligus salah seorang pendiri LSAI, Yuswadi Saliya. Dimana beliau mengatakan sebetulnya banyak karya-karya dan tulisan dari para Arsitek Indonesia yang baik, yang sayangnya tidak terekam. 

Oleh karena AMI telah berhasil membukukan baik karya arsitektur dan tulisan dalam sebuah buku, maka jadilah peristiwa ini sebuah "Sejarah". Jadi begitu penting bukti kehadiran buku disini sebagai bahan study sejarah Arsitektur untuk memandang kedepan Arsitektur kita. Penerbitan buku tidak hanya berhenti di situ saja, dengan modal yang tidak hanya dari hasil penjualan buku, tapi juga pengalaman yang berharga dalam proses pembuatannya, maka untuk membuat buku-buku lainnya tidaklah terlalu sulit lagi. Dan kini memang sedang direncanakan buku AMI yang kedua dengan tebal 300 halaman, yang rencananya akan diterbitkan tahun 1997. Dan juga masih banyak lagi rencana untuk membuat buku arsitektur dengan thema sayembara, perkotaan dan monografh. Rupanya kegiatan membuat buku akan menjadi kegiatan utama AMI yang akan menggantikan bentuk-bentuk pameran arsitektur yang berskala besar dan melelahkan. 

Pendiri AMI,  Yori Antar, Irianto P.H., Andra Matin, Sonny Sutanto, Bambang Eryudhawan, Sarjono Sani dan Marco H. Kusumawijaya. Sekarang mereka berdiri di antara para arsitek terkemuka di dunia arsitektur Indonesia kontemporer. sekarang ini Forum AMI banyak diminati kalangan arsitek yang lebih muda, lulusan baru dan mahasiswa arsitektur, di samping tentunya arsitek pendahulunya maupun masyarakat umum.

Menjelajahi Dan Mengenal Arsitek Muda Indonesia (AMI) VIDEO



Massa dan Ruang dalam Arsitektur



Massa dan Ruang dalam Arsitektur

Teori ini didasarkan pada pendapat bahwa arsitektur itu harus didekati dari perasaan, jadi ada dialog antara lingkungan dan jiwa kita. Jadi ruang menurut kelompok ini, adalah adanya dialog antara lingkungan dengan kita dalam arti 3 demensi. Tokohnya adalah Robert Vischer dan Theodor Lipps, mengatakan bahwa ada 2 ukuran yang dibedakan untuk menilai, yaitu 

1) Optical observation, bentuk adalah bentuk; dan 
2) Aesthetical observation, hanya menekankan pada isi. 

Kemudian Theodor Lipps juga membedakan ruang menjadi 2, ialah 

1) Ruang geometric; dan 
2) Ruang aesthetic. August Schmarsow, mempertegas apa yang dimaksud dengan ide dan ruang serta bentuk dan ruang. 

Menurut August Schmarsow bentuk, adalah hasil dari ide. Karena bergerak pad aide, kemudian membedakan 3 macam ruang, yaitu 
1) Ruang yang tactile (tangible); 
2) Ruang yang mobile; dan 
3) Ruang yang visual

August Schmarsow melihat, bahwa kalau kita ingin mengcreate ruang, kita harus puny aide dan harus didasarkan pada konsep-konsep dasar yang nantinya dapat direalisasikan pada 3 dasar ruang tersebut di atas. 
Alois Riegl, adalah yang menemukan teori mengenai artistic volition (pengalaman). Kita menangkap bentuk kalau kita berpengalaman. Artistic volition tidak tergantung dari pada bahan, cuaca maupun keadaan geografis, tetapi banyak tergantung pada tujuan bahan mentah dan teknik. Karena dasarnya adalah vision, maka artistic volition hanya digunakan atau dikenakan pada elemen-elemen yang formal dapat ditangkap secara optis. 

Dengan demikian, artistic volition hanya memperhatikan beberapa unsur saja, yakni 
1) warna (color); 
2) ruang (space); 
3) bidang (plane); dan 
4) garis besar secara keseluruhan (outline).

Empathy to Planar Vision 

Tokohnya adalah Heinrich Wolfflin dengan anthropomorphic psysiognomy, yang dasar falsafahnya adalah suatu kepercayaan bahwasannya satu bentuk manusia lebih tinggi dari bentuk apapun di dunia. Jadi semua patokan-patokan perencanaannya didasarkan dari bentuk manusia, dengan demikian Heinrich Wolfflin dapat dikatakan selalu menekankan massa sebagai dasar dari arsitektur. 
Emphaty, adalah suatu projeksi imaginative dari suatu pikiran yang subjektif kepada suatu objek. Oleh karena itu, pada akhir abad ke-19 terdapat 2 sekolah arsitektur, yaitu 1) Yang berpendapat dan mempertahankan idea dari ruang; dan 2) Adalah sekolah yang menggunakan pendekatan anthropomorphic symbolism. Heinrich Wolfflin lama-lama dasar pemikirannya berubah karena pengaruh Adolf Hildebrand, dari pemikiran interpretasi psikologi kebentuk visual yang formal. 

Ada 5 rumusan yang dikembangkan oleh kelompok ini (Heinrich Wolfflin, Adolf Hildebrand, dan Alois Riegl) sesuai dengan perkembangan arsitektur pada waktu itu, antara lain adalah: 

1) The urge for the gigantic. Suatu pendekatan arsitektur yang didaktis (kolosal), misal piramida, kolom-kolom yang ada di kuil-kuil besar-besar. Akan tetapi, ruang-ruangnya kurang memberikan dampak disebut kosong. 
2) The wishful reading of cubic reality as a plane. Perkembangan arsitektur yang mulai dengan bidang-bidang (kubus). 
3) The cosmic view of the universe as a finite whole. Pandangan kosmis di Barat lebih luas, dengan batasan teori keterbatasan alam. 
4) The fear of large open space. Adanya perasaan takut pada ruang yang besar, kita tahu pada jaman itu kekuasaan raja sangat mutlak, maka dikembangkan ruang-ruang yang besar. Ada pendapat ruang-ruang yang besar tidak mengenakkan suasana. 
5) The drive to stuff empty surface of walls with decoration in most dwellings. Menghilangkan ornamen, dekorasi maupun hiasan dinding pada tempat tinggal (rumah). Kalau kita perhatikan pada jaman itu, tidak ada tembok yang kosong, semua diisi dengan dekorasi, lukisan, dan lain sebagainya. 

Pernyataan Massa dan Ruang 

Tokoh yang mencoba mengungkapkan teori ini, adalah Brinckmann. Rumusannya banyak memasukkan idea ruang ke dalam urban interior. Brinckmann menyatakan manifestasi dari bagian exterior massa arsitektur adalah hasil kemudian daripada penyelesaian ruang dalam yang ada di dalamnya. Arsitektur yang baik, adalah arsitektur yang memanifestasikan integrasi ruang luar dan ruang dalam. Dengan analisa dan perkembangan yang telah dipikirkan oleh Brinckmann, kemudian mengintroduksi beberapa istilah penting dalam arsitektur, adalah: 

  • Raumbildung (space – formation); 
  • Raumfassung (spatial framing); 
  • Raumanschauung (spatial intuition
  • Raumwirkung (spatial effect); 
  • Raumgestaltung (spatial design); 
  • Raumgefuhl (feeling for space); dan 
  • Raumanordnung (spatial disposition). 

Bernini, adalah seorang tokoh yang mencoba mengetrapkan teorinya pada ruang-ruang yang ada dalam kota. Bernini mencoba menyatukan ruang yang dibina dalam kota dengan ruang yang ada di dalam bangunan. 
Tokoh lain, adalah Frankl. Frankl tidak puas dengan pendapat yang ada pada waktu itu, karena ingin melihat sebetulnya bagaimana perkembangan daripada ruang itu sendiri. Kemudian Frankl menulis morphology daripada ruang (morphology= urutan terjadinya ruang). 

Untuk mengetahui morphology ruang perlu 3 langkah penelitian di dalam arsitektur, ialah: 

1) Historical scientific research of data. Data-data sejarah, untuk ini harus diadakan penelitian; 
2) A theoretical framework of idea. Setelah punya data, kita harus punya kerangka ide (pola pemikiran) yang teoritis; dan 
3) Application of these ideas ti the historical facts

Setelah keduanya kita dapatkan lalu digabungkan. Frankl juga menyimpulkan bahwa ada 4 buah kategori bentuk, ialah 

1) spatial form (bentuk spasial ruang); 
2) corporeal form (bentuk pasif/bentuk nyata); 
3) visual form (bentuk visual); dan 
4) purposive intention (bentuk yang mempunyai tujuan). 

Ruang Organik dan Geometrik 

Tokohnya adalah Erich Mendelsohn. Yang menyimpulkan dari penelitiannya bahwa expressionism dibina oleh 3 macam arsitek, adalah: 

1) Adalah mereka yang memegang prinsip crystalline symbolists yang mengagungkan simbolik, mengagungkan pengalaman ideal di atas keadaan yang realistis; 
2) Adalah arsitek yang selalu menggunakan analisis ruang (dikelompokkan dalam arsitek intelektual); dan 
3) Adalah kelompok arsitek yang mencari bentuk dari bahan dan konstruksi (bahwasannya ada teori elastis, bahannya elastis). 

Ekspresionisme menurut Erich Mendelsohn harus memenuhi ketiga-tiganya, ekspresionisme sangat terkenal sebelum tahun 1920-an, cepat tumbuh cepat mati, tahun 1923 ekspresionisme mati. Erich Mendelsohn adalah orang yang dimanis. Oleh karena itu, konsep arsitektur menurutnya harus memenuhi konsep dinamis dan fungsional. Dengan demikian, arsitektur dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok, yaitu 

1) Satis, berarti menggunakan struktur-struktur yang rasional, yang disebut kelompok klasik; 2) Dinamis, menggunakan struktur-struktur emotional gothic; dan 
3) Elastis, menggunakan struktur-struktur yang hidup. 

Teori Untuk Arsitektur Hari Depan 

Kalau kita ingin menjadi arsitek dihari depan, kita harus berpindah dari konsep dasar falsafah crystalline ke organic, yakni 

1) Kita harus tetap memperhatikan koordinat, karena koordinat ini sebetulnya adalah titik tolak daripada susunan dari arsitektur, kita harus memperhatikan style yang lalu sampai sekarang; 
2) Kita harus memperhatikan geometri; dan 
3) Kita harus memperhatikan organic mulai dari tahap pendekatan intuitif sampai dengan analisis. 

Theo van Doesburg menulis satu pengertian dasar yang menyinggung mengenai hakekat pendapat yang bergerak dari dasar ekspresi massa ke ekspresi ruang. Pada tahun 1925, Theo van Doesburg merumuskan hukum-hukum ruang yang ternyata menemukan banyak variasi dan variasi itu tidak terhingga menurutnya.
 Beberapa rumusan/patokan ruang yang dapat diajukan antara lain, sebagai berikut: 

1) Spatial kontras, ruang-ruang tersebut dapat dikontraskan; 
2) Spatial desonan, dimana ruang-ruang tersebut dapat desonan jadi tidak harmonis; dan 
3) Spatial komplemen, ada ruang yang komplemen yang mendukung. 

Teori elementarisme dari Theo van Doesburg: Didasarkan pada pendapat yang lebih dinamik, bidang horizontal dan vertikal tidak memuaskan,karena terlalu statis dan pengungkapannya banyak menuju ke arah regional. 

Jadi Theo van Doesburg mencoba elemen di dalam ruang, mencoba mendapatkan ruang yang dinamis. Tokoh yang lain, adalah Eleazer Lissitzky, lebih moderat dan dapat mengerti teori ruang dari Malevich, salah satu tokoh arsitektur dari Rusia, yang merumuskan suprematisme pada tahin 1913. 
Menurut Eleazer Lissitzky ada dua cara untuk merencanakan, yaitu 

1) melalui ruang; dan 
2) melalui bahan. 

Bagaimanapun juga menurutnya bentuk harus direncanakan sesuai dengan gerak dalam ruang. Tahun 1925, Eleazer Lissitzky mengajukan beberapa teori ruang, antara lain: 

1) Planimetric Space. Ruang ini dapat dibentuk dari dua dimensional (secara fisik melalui bidang-bidang dua dimensional). 
2) Perspective Sapace. Ruang ini dapat dibentuk dengan menggunakan titik temu pyramid atau kerucut. Di sini ruang selalu dibatasi. 
3) Irrational Space. Ruang ini dapat menggunakan ruang perspektif dalam jumlah yang tak terhingga. 
4) Imaginary Space. Ruang ini dapat diperoleh/diproduksikan melalui film, di sini tidak ada space sesungguhnya. 

Le Corbusier seorang arsitek dari Prancis mengatakan, bahwa estetika arsitektur didapat dari simplicity dan clarity (kesederhanaan dan kejelasan), dari banayk fenomena keindahan dari unsur-unsur arsitektur. Kemudian Le Corbusier menguranginya menjadi 4 kategori: 

1) Massa; 
2) Bidang; 
3) Denah (plan); dan 
4) Garis-garis yang menentukan. 

Dengan demikian hanya menggunakan bentuk-bentuk elementer, antara lain: 

1) Kubus; 
2) Piramida: dan 
3) Kerucut. 

Tokoh lain, ialah Andre Lurcat, mengatakan bahwa arsitektur hanya ditentukan oleh 4 elemen, di antaranya: 
1) Isi; 
2) Permukaan; 
3) Ruang; dan 
4) Cahaya. 

Pada bagian lain, Vladimir Tatlin, pada tahun 1919 merumuskan mengenai ruang, ialah: 

1) Volume; 
2) Bahan; dan 
3) Konstruksi. 

Berlage, menolak satu pendekatan arsitektur dari luar ke dalam, ingin arsitektur ditempatkan dari dalam baru ke luar. Oleh karena itu, Berlage merumuskan beberapa dasar pendekatan dari hasil pemikirannya mengenai style-style baru, ialah: 

1) Dasar dari semua komposisi adalah geometri, gerakan yang modern itu unity
2) Semua karakteristik dari style-style yang lama harus ditolak; dan 
3) Bentuk arsitektur harus dikembangkan dengan memperhatikan fungsi. 

Ada seorang teoris yang mencoba memberikan warna pada Modern Architecture, ialah M. Schindler. Pada tahun 1912, menulis buku Manifesto, ada butir-butir yang perlu diketahui, adalah: 
1) Bahwa alat arsitektur dalam seni adalah ruang; 
2) Ruang merupakan bahan mentah, jadi ruang merupakan bahan mentah dari arsitektur; dan 
3) Menekankan pada keuntungan, bila kita menggunakan fungsi sebagai dasar perencanaan. 

Tokoh lain dari Amerika, adalah Louis Sullivan, mencari bentuk asli melalui pemikiran genetik mekanistik (tingkah laku dari manusia), kemudian dapat merumuskan Form Follow Function. Di sini ruang sangat penting sekali, karena bentuk massanya mengikuti fungsi, jadi kebalikannya. Teori ini juga disebut bentuk komplementer (Complementary form). 
Source : Antariksa

Massa dan Ruang dalam Arsitektur