ARCHITECTURAL DESIGN VIDEO

Loading...

Yori Antar: Membangun Kembali Kekayaan Arsitektur Nusantara


Yori Antar: Membangun Kembali Kekayaan Arsitektur Nusantara
Yori Antar adalah seorang arsitek yang sangat gigih menggali ilmu arsitektur lokal, mendokumentasikan, dan membangun kembali arsitektur nusantara berupa rumah-rumah adat yang terancam punah di wilayah pedesaan negeri ini.

Yori Antar begitu prihatin melihat gejala bahwa arsitektur tradisional di negeri ini terancam punah dan terlupakan di antara megahnya bangunan modern. Hal itu diperparah dengan tidak adanya dokumentasi catatan atau buku yang autentik mengenai ilmu merancang rumah-rumah adat tersebut. Padahal bangunan tradisional yang dimiliki setiap suku di Indonesia itu merupakan ìhartaî dan jati diri bangsa ini serta berpotensi untuk menginspirasi dunia.

ìJika kita membiarkan kepunahan rumah-rumah adat itu terjadi dan tidak melakukan apa-apa maka saya merasa kita telah melakukan dosa profesi sebagai seorang arsitek,î ujar Yori ketika ditemui Griya Asri di kantornya.

Maka sejak tahun 2008, Yori Antar membuat sebuah gerakan yang ia beri nama Rumah Asuh. Gerakan tersebut mengajak para mahasiswa terpilih untuk belajar dengan para pemangku dan masyarakat desa selama satu setengah bulan dalam membangun rumah-rumah tradisional di pedesaan di tanah air.

Selain sebagai “sarana” belajar bagi mahasiswa dari jurusan arsitektur, program Rumah Asuh yang didukung oleh para donatur/philantropis, akedemis, bersama masyarakat setempat sudah berjalan di daerah Wae Rebo-Flores, beberapa rumah adat di Nias, pembangunan kembali rumah-rumah di desa adat Ratenggaro, Wainyapu, dan Rumah Budaya di Waetabula, Sumba Barat Daya dan Balai Pertemuan untuk Musyawarah Adat Lobo Ngata Toro di Sulawesi Tengah ini juga menjadi sebuah proses pembelajaran dan regenerasi diturunkannya ilmu membangun rumah tradisional kepada generasi masa depan, baik secara metode lisan-tradisional antara para tetua adat dan generasi muda penerus maupun metode tulisan-akademis. Misinya agar kekayaan arsitektur nusantara tetap terjaga kelestarian dan keberlanjutannya dan dari segi pembelajaran masuk ke dalam kurikulum pendidikan arsitektur diberbagai perguruan tinggi sambil membangun mindset baru.